TUGAS MAKALAH TEKNOLOGI SISTEM PAKAR



Makalah Teknologi Sistem Pakar



KATA PENGANTAR


            Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Berkat pertolongan-Nya saya mampu menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Pengantar Teknologi Sistem Cerdas, yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini saya susun penuh dengan teliti untuk mempersiapkan makalah ini dengan baik. Saya juga mendapati beberapa rintangan ketika membuat makalah ini, namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan YME akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya mohon untuk saran dan kritiknya untuk pengembangan makalah yang lebih baik di masa depan. Terima kasih.


Penyusun




DAFTAR ISI




BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang

Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli, dan sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli (Kusumadewi,2003:109). Sistem pakar pertama kali dikembangkan oleh komunitas AI pada pertengahan tahun 1960. Sistem pakar yang muncul pertama kali adalah General Purpose Problem Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Newel & Simon (Turban, 1995). Sistem pakar merupakan cabang dari salah satu mata kuliah kecerdasan buatan. kami juga dalam proses membuat Implementasi yang terwujud aplikasi berbentuk desktop atau pun website. Dalam kontek yang lebih lanjut system pakar sulit dikembang karena sudah terpaku pada system yang sudah ada.


BAB II

PEMBAHASAN

A.  Pengertian Sistem Pakar

Sistem pakar atau Expert System adalah program yang berisi pengetahuan manusia atau bertingkah laku seperti manusia expert (manusia pakar) yang pada aplikasinya membantu menyelesaikan masalah – masalah didunia nyata. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan sekumpulan rule atau kaidah yang didapat dari pakar, lalu dijadikan pertanyaan – pertanyaan untuk mendapat solusi atau kesimpulan. Berikut ini beberapa pengertian sistem pakar menurut beberapa orang ahli:
      1        Menurut William Stubblefield dan George F. Lugger (1993), menjelaskan bahwa sistem pakar adalah suatu program yang dapat menirukan seorang pakar.
      2        Menurut E. Fraim Turban (1992), menjelaskan bahwa sistem pakar adalah sebuah program yang mengkomputerisasikan laporan yang mencoba untuk menirukan proses pemikiran dan pengetahuan dari pakar – pakar dalam menyelesaikan masalah.

Jadi sistem pakar : kepakaran ditransfer dari seorang pakar (atau sumber kepakaran yang lain) ke komputer, pengetahuan yang ada disimpan dalam komputer, dan pengguna dapat berkonsultasi pada komputer itu untuk suatu nasehat, lalu komputer dapat mengambil inferensi (menyimpulkan, mendeduksi, dan lain-lain) seperti layaknya seorang pakar, kemudian menjelaskannya ke pengguna tersebut, bila perlu dengan alasan-alasannya.
Sistem Pakar terkadang lebih baik unjuk kerjanya dari pada seorang pakar manusia. Dengan sistem pakar, orang awam pun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Bagi para ahli, sistem pakar juga akan membantu aktivitasnya sebagai asisten yang sangat berpengalaman.
Sistem pakar dikembangkan pertama kali oleh komunitas AI (Artificial Intelligence) tahun 1960-an. Sistem pakar yang pertama adalah General Purpose Problem Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Newel Simon.

 B. Ciri – Ciri Sistem Pakar

Ciri – ciri dari system pakar adalah sebagai berikut :
      a.       Terbatas pada domain keahlian tertentu.
      b.      Dapat memberikan penalaran pada data – data yang tak pasti.
      d.      Berdasarkan pada kaidah atau rule tertentu.
      e.       Dirancang untuk dapat dikembangkan secara bertahap.
      f.       Keluarannya bersifat anjuran.

C. Keuntungan Dan Kelemahan Sistem Pakar


     a.       Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli.
     b.      Bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis.
     c.       Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar.
     e.       Mampu beroperasi dalam lingkungan yang berbahaya.
   




    a.      Biaya yang diperlukan untuk membuat, memelihara dan memeliharanya sangat mahal.
    b.     Sulit dikembangkan, hal ini erat kaitannya dengan ketersediaan pakar di bidangnya dan kepakaran sangat sulit diekstrak dari manusia karena sangat sulit bagi seorang pakar untuk menjelaskan langkah mereka dalam menangani masalah.
    c.      Sistem pakar tidak 100% benar karena seseorang yang terlibat dalam pembuatan sistem pakar tidak selalu benar. Oleh karena itu perlu diuji ulang secara teliti sebelum digunakan.
    d.     Pendekatan oleh setiap pakar untuk suatu situasi atau problem bisa berbeda-beda, meskipun sama-sama benar.

D. KONSEP DASAR SISTEM PAKAR

     1        Keahlian
Keahlian bersifat luas dan merupakan penguasaan pengetahuan dalam bidang khusus yang diperoleh dari pelatihan, membaca atau pengalaman.

    2        Ahli / Pakar
Seorang ahli adalah seseorang yang mampu menjelaskan suatu tanggapan, mempelajari hal-hal baru seputar topic permasalahan, menyusun kembali pengetahuan jika dipandang perlu, memecahkan masalah dengan cepat dan tepat.
    3        Pengalihan Keahlian
Tujuan dari sistem pakar adalah untuk mentransfer keahlian dari seorang pakar ke dalam komputer kemudian ke masyarakat. Proses ini meliputi 4 kegiatan, yaitu perolehan pengetahuan (dari para ahli atau sumber-sumber lainnya), representasi pengetahuan ke komputer, kesimpulan dari pengetahuan dan pengalihan pengetahuan ke pengguna.
    4        Mengambil Keputusan
Hal yang unik dari sistem pakar adalah kemampuan untuk menjelaskan dimana keahlian tersimpan dalam basis pengetahuan. Kemampuan komputer untuk mengambil kesimpulan dilakukan oleh komponen yang dikenal dengan mesin inferensi yaitu meliputi prosedur tentang pemecahan masalah.

    5        Aturan
Sistem pakar yang dibuat merupakan sistem yang berdasarkan pada aturan-aturan dimana program disimpan dalam bentuk aturan-aturan sebagai prosedur pemecahan masalah. Aturan tersebut biasanya berbentuk IF – THEN.
    6        Kemampuan Menjelaskan
Keunikan lain dari sistem pakar adalah kemampuan dalam menjelaskan atau member saran / rekomendasi serta juga menjelaskan mengapa beberapa tindakan / saran tidak direkomendasikan.

E. ELEMEN MANUSIA YANG TERKAIT DALAM PENGGUNAAN DAN  PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR


    1)      Pakar
Pakar adalah orang yang memiliki pengetahuan khusus, pendapat, pengalaman dan metode, serta kemampuan untuk mengaplikasikan keahliannya tersebut guna menyelesaikan masalah.
    2)      Perekayasa Pengetahuan
Perekayasa pengetahuan adalah orang yang membantu pakar dalam menyusun area permasalahan dengan menginterpretasikan dan mengintegrasikan jawaban-jawaban pakar atas pertanyaan yang diajukan, menggambarkan analogi, mengajukan counter example dan menerangkan kesulitan-kesulitan konseptual.

    3)      Pemakai
·         Pemakai Awam. Dalam hal ini sistem pakar bertindak sebagai konsultan untuk memberikan saran dan solusi kepada pemakai.
·         Pelajar yang ingin belajar. Sistem pakar bertindak sebagai instruktur.
·         Pembuat sistem pakar. Sistem pakar sebagai partner dalam pengembangan basis  pengetahuan.
·         Pakar. Sistem pakar bertindak sebagai mitra kerja/asisten.




F. AREA PERMASALAHAN APLIKASI SISTEM PAKAR (DOMAIN SISTEM PAKAR)


    a.     Interpretasi
Yaitu pengambilan keputusan dari hasil observasi, diantaranya : pengawasan, pengenalan ucapan, analisis citra, interpretasi sinyal, dan beberapa analisis kecerdasan.
    b.     Prediksi
Memprediksi akibat-akibat yang dimungkinkan dari situasi-situasi tertentu, diantaranya : peramalan, prediksi demografis, peramalan ekonomi, prediksi lalu lintas, estimasi hasil, militer, pemasaran, atau peramalan keuangan.
    c.      Diagnosis
Menentukan sebab malfungsi dalam situasi kompleks yang didasarkan pada gejala-gejala yang teramati, diantaranya : medis, elektronis, mekanis, dan diagnosis perangkat lunak.
    d.     Desain
Menentukan konfigurasi komponen-komponen sistem yang cocok dengan tujuan-tujuan kinerja tertentu dan kendala-kendala tertentu, diantaranya : layout sirkuit, perancangan bangunan.
    e.      Perencanaan
Merencanakan serangkaian tindakan yang akan dapat mencapai sejumlah tujuan dengan kondisi awal tertentu, diantaranya : perencanaan keuangan, komunikasi, militer, pengembangan politik, routing dan manajemen proyek.

 G. STRUKTUR SISTEM PAKAR


2  bagian utama sistem pakar :
·         Lingkungan Pengembangan (Development Environment)
Digunakan untuk memasukkan pengetahuan pakar ke dalam lingkungan sistem pakar.
·         Lingkungan Konsultasi (Consultation Environment)
Digunakan oleh pegguna yang bukan pakar untuk memperoleh pengetahuan pakar.

 

H. KARAKTERISTIK DAN ELEMEN SISTEM PAKAR


Sistem pakar dibuat dengan tujuan tertentu dan pastinya tujuan tersebut bersifat untuk membantu para pakar dalam menyelesaikan suatu masalah. Berikut adalah karakteristik yang harus dimiliki oleh sebuah sistem pakar :
  • High Performance. Sistem harus mampu memberikan respon berupa saran (advice) dengan tingkat kualitas yang sama dengan seorang pakar atau melebihinya.
  • Adequate response time. Sistem juga harus mampu bekerja dalam waktu yang sama baiknya (reasonable) atau lebih cepat dibandingkan dengan seorang pakar dalam menghasilkan keputusan. Hal ini sangat penting terutama pada sistem waktu nyata (real-time).
  • Good reliability. Sistem harus dapat diandalkan dan tidak mudah rusak / crash.
  • Understanable. Sistem harus mampu menjelaskan langkah-langkah penalaran yang dilakukannya seperti seorang pakar.
  • Flexibility.

I. SISTEM PAKAR YANG TERKENAL

    1.      MYCIN    
Sistem pakar medical yang bisa mendiagnosa penyakit infeksi dan merekomendasi pengobatan.
     2.      DENDRAL
Mengidentifikasi struktur molekular campuran kimia yang tak dikenal.

     3.      XCON & XSEL

a. XCON
Merupakan sistem pakar untuk membantu konfigurasi sistem komputer besar, membantu melayani order langganan sistem komputer DEC VAX 11/780 ke dalam sistem spesifikasi final yang lengkap.

      b. XSEL
Dirancang untuk membantu karyawan bagian penjualan dalam memilih komponen istem VAX. Karena banyaknya pilihan karyawan tersebut sering menghadapi kesulitan dalam memilih suatu komponen yang paling tepat.

     4.      SOPHIE
Analisis sirkuit elektronik.

     5.      PROSPECTOR
Sistem pakar yang membantu ahli geologi dalam mencari dan menemukan deposit.
      6.      DELTA
Dibuat oleh perusahaan General Electric (GE) membantu karyawan bagian pemeliharaan mesin lokomotif diesel dalam memantau mesin-mesin yang tidak berfungsi dengan baik dan membimbing ke arah prosedur perbaikan.

      7.      FOLIO
Sistem pakar yang menolong stock broker dan tugas manajer dalam menangani investasi bagi kepentingan para langganannya. Stock broker mewawancarai langganan untuk menentukan tujuan sumber dan investasi mereka.
        8.      EL
Digunakan untuk menganalisa dan membantu rekayasa rancangan sirkuit elektronik yang terbuat dari transistor, dioda dan resistor.
      9.      YESMVS
Membantu operator komputer dan mengontrol sistem operasi MVS (Multiple Virtual Storage).
     10.  ACE
Sistem Pakar troubleshooting pada sistem kabel telepon.

BAB III

PENUTUP


Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

A.    Kesimpulan

Menurut saya, Teknologi sistem pakar adalah Sistem yang mewakilkan pengetahuan manusia dalam bentuk program komputer dan menggunakan pengertahuan tersebut dalam penyelesaian masalahnya, mensimulasikan bagaimana pakar menyelesaikan masalah.

B.    Contoh sistem pakar


-MYCIN, merupakan sistem pakar medical yang bisa mendiagnosa penyakit
dan merekomendasikan pengobatannya kepada user.

  -FOLIO, merupakan sistem pakar untuk memberikan keputusan bagi seorang manajer dalam hal stok broker dan investasi.


-DENDRAL, merupakan sistem pakar untuk membantu user mengidentifikasi struktur molekular campuran kimia yang tidak dikenal.

-XCON & XSEL, merupakan sistem pakar untuk membantu konfigurasi sebuah sistem komputer besar.

C.    Saran


Pendapat/saran saya untuk sistem pakar adalah sistem pakar sangatlah diperlukan untuk menyelesaikan sebuah masalah, dan saya berharap akan banyak lagi teknologi sistem pakar yang hadir untuk membantu manusia.

 


DAFTAR PUSTAKA








Komentar

Postingan Populer