TUGAS ANIMASI 3D


TUGAS MEMBUAT ANIMASI 3D


CERITA ANIMASI YANG DI BUAT




        Di tugas sebelumnya joko telah berhasil pulang kampung untuk menemui ibunya. Setelah pulang kampung mendapatkan doa dari ibunya, joko pun berevolusi dari pekerja kantoran menjadi seorang detektif yang hebat.


PROSES DAN TOOLS YANG DIGUNAKAN


         Disini saya akan menjelaskan animasi yang saya buat berserta tools yang digunakan, saya menggunakan adobe after effect cc 2019 sebagai media rendering dan cinema 4D untuk melakukan rigging dan animasi pada model karakter 3d, animasi yang saya buat berbentuk 3D atau tiga dimensi yang dimana bisa kita lihat dalam berbagai sudut pandang seperti x, y dan z berbeda dengan 2D yang hanya bisa dilihat dengan x dan y.

       Pada animasi yang saya buat ini berdurasi sekitar 1 menit (20 detik) dengan tema pulang kampung lalu karakter utamanya dengan nama joko berbentuk model 3d, pada animasi ini saya menggunakan beberapa resource free dan berbayar yang tersedia di internet seperti :

      1.      Character Model 3d - Detective
      2.      Musik latar
      3.      Asset tambahan

        Pada pertama kali yang harus kita lakukan yaitu proses rigging pada model 3d kita agar lebih mudah dalam menentukan animasi yang nanti dilakukan tiap keyframe nya. Berikut ini adalah model 3d yang akan digunakan :




Lalu kita melakukan proses ringing menggunakan cinema 4d, kita mengatur ringing berdasarkan tata letak lokasi pada model seperti di leher, lengan, tangan, lutut kaki agar nantinya muncul sebuah garis – garis bentuk dari model tersebut yang menentukan gerakan dari animasi dari model kita, seperti pada dibawah ini terlihat beberapa ringing di belakang model 3d kita berbentuk seperti garis.



Setelah kita melakukan ringging pada model 3d kita harus menentukan animasi berdasrkan keyframe berserta pegerakan dari ringging kita, di cinema 4d kita menggunakan cinema clips untuk menggabungkan beberapa animasi dari model 3d kita dan kita menentukan keyframe dan pergerakan di timeline motion system pada cinema 4d. seperti terlihat dibawah terbagi beberapa motion clips untuk animasi yang ada awal waktu keyframe dimulai dan berakhirnya.



Setelah proses animasi pada model 3d yang sudah kita ringging selesai maka kita akan mengexport dalam bentuk object sequence agar bisa berjalan pada adobe after effect yang dimana akan melakukan save object model berdasarkan tiap framenya.



Setelah itu kita buka adobe after effect lalu kita buat composition baru, setelah itu buatlah layer solid dan masukan plugin effect yang tersedia pada after effect yaitu element 3d untuk mengimport segala jenis model 3d yang ada. Jika sudah kita mengatur posisi dan scale pada model kita maka klik ok dan model akan masuk kedalam composition kita.



Kita buat layer baru berupa camera agar bisa melihat pergerakan berdasarkan keyframe waktu yang ada pada posisi kamera jadi seperti kita bisa melihat ke arah mana saja model bergerak atau mengatur sudut pandang kamera pada model biar kaya film – film animasi.




Pada tiap scene disini compostion layer memiliki kriteria sebagai berikut :

  1.        Width and Height : 1920 x 1080 (ini merupakan ukuran size compostion layernya yang dimana nanti  juga termasuk sebagai ukuran video animasi).
  2.        Pixel Aspect Ratio : Square pixel (ini merupakan bentuk dari window animasi yang berarti seperti bentuk video animasinya nanti layarnya berbentuk kotak).
  3.        Frame Rate : 23.976  (ini merupakan frame rate yang digunakan dalam animasi ini yaitu 23.976 frame yang akan di render atau proses per detiknya saat animasi berjalan).




Seperti pada gambar diatas yang menunjukan composition layer settingnya. Setelah selesai kita mengatur  camera dan model kita di after effect dan hasil animasi bisa di render kedalam bentuk video animasi dengan mengklik composition pada menu lalu pilih add to render queue lalu setting sesuai animasi kita yaitu pada output module dan memilih tempat simpannya di output to lalu setelah itu klik render dan tunggu sampai proses render selesai.


KELEBIHAN & KEKURANGAN

            Berikut kelebihan & kekurangan yang sudah saya rangkum dari video animasi yang telah saya buat ini:

       ·         Kelebihan:
               -          Animasi yang saya buat menampilkan alur yang sesuai dengan storynya.
               -          Terlihat menarik.
       ·         Kekurangan:
               -          Latar belakang musik yang tidak teratur ketika berpindah ke scene yang lain.

SARAN

            Saran yang dapat saya berikan adalah seperti yang saya sudah bahas di kekurangannya  jika ingin mengisinya dengan background suara/musik, usahakan teratur ketika berpindah scene agar terlihat lebih nyaman dilihat.

Komentar

Postingan Populer