TUGAS ANIMASI AFTER EFFECT




MEMBUAT ANIMASI DENGAN AFTER EFFECT




Adobe After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan dari Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam-macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang sangat handal. Standart Effect  yang ada mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan objek. Disamping itu, dengan membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis dan unik.

Adobe After Effects memiliki fitur-fitur yang penting, misalnya Adobe After Effects memiliki alat untuk membuat Shape (seperti yang terdapat pada Aplikasi Adobe Photoshop). Pada Adobe After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Aplikasi Adobe Flash (cara menganimasikan nya pun juga hampir sama). Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi fitur – fitur yang lainya.


CERITA ANIMASI YANG DI BUAT




         Animasi yang saya buat ini menceritakan tentang kisah seseorang yang bisa kita sebut dengan nama ‘Joko’. Ia adalah pekerja keras yang selalu melakukan pekerjaannya dengan baik. Hingga sampailah pada waktunya, dia benar – benar lelah dan sangat butuh untuk melakukan refreshing. Joko pun berfikir untuk segera melakukan refreshing. Ia pun langsung melihat kalender di handphonenya untuk mencari tanggal yang pas untuk refreshing. Setelah menemukan tanggal yang pas, ia pun langsung meminta saran & mengajak temannya untuk berlibur. Joko pun senang dan tidak sabar untuk melakukan refreshing. Singkat cerita, tibalah tanggal yang Joko pilih untuk berlibur, dia terlihat sangat senang dan menikmati waktu refreshingnya.

PROSES DAN TOOLS YANG DIGUNAKAN

             Disini saya akan menjelaskan animasi yang akan saya buat berserta tools yang digunakan, saya menggunakan adobe after effect sebagai media pembuatan animasi, animasi yang saya buat berbentuk 2D atau dua dimensi yang dimana hanya bisa kita lihat dalam satu sudut pandang saja. Pada animasi yang saya buat ini berdurasi sekitar 1 menit (60 detik), pada animasi ini saya membagi dalam 3 scene :
  1. Scene Pembukaan
  2. Scene Permasalahan
  3. Scene Penutup
                 Seperti yang kita tahu dalam pembuatan animasi itu berdasarkan frame tiap detiknya yang dimana membuat suatu objek dapat bergerak sedemikian rupa.



          Pada Scene 1 pembukaan disini compostion layer pembukaan memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Width and Height : 1920 x 1080 (ini merupakan ukuran size composition layernya yang dimana nanti juga termasuk sebagai ukuran video animasi).
  2. Pixel Aspect Ratio : Square pixel (ini merupakan bentuk dari window animasi yang berarti seperti bentuk video animasinya nanti layarnya berbentuk kotak).
  3. Frame Rate : 23.976 (ini merupakan frame rate yang digunakan dalam animasi ini yaitu 23.976 frame yang akan di render atau proses per detiknya saat animasi berjalan).


Seperti pada gambar diatas yang menunjukan composition layer settingnya. Pada saat pembuatan animasi, saya menggunakan character animation yaitu sebuah tool pada after effect untuk membuat pergerakan animasinya. Pada tool ini kita hanya perlu menggerakan komponen pada panel layer untuk membuat pergerakan pada character kita.



Untuk karakter disini saya menggunakan sebuah karakter yang sudah jadi yang saya ambil dari sebuah resource di internet dan berserta tekstur pada karakter yang berfomat *.ai yaitu adobe illustrator.



Nantinya bentuk tekstur itu akan menjadi sebuah objek karakter animasi 2d yang sempurna seperti pada gambar dibawah.



Pada pembuatan animasi saya menggunakan tools transform pada after effect yaitu saya melakukan position dan scale pada karakter yang saya gunakan agar terlihat bergerak. Disini saya bermain keyframe sebagai tanda waktu dimana animasi melakukan sesuatu dan meletakan keyframe pada waktu sekian detik kedepan untuk membuat animasi bergerak pada posisi yang kita inginkan pada layer. Saya juga menggunakan null object sebagai parent untuk beberapa composition layer agar mengikuti posisisi null object ini jadi kita tidak perlu mengatur pegerakan pada setiap compostion layer nya agar mempermudah dan menghemat waktu dalam membuat animasinya. Begitulah cara saya membuat animasi di after effect dan hasil animasi bisa di render kedalam bentuk video animasi dengan mengklik composition pada menu lalu pilih add to render queue.

KELEBIHAN & KEKURANGAN

            Berikut kelebihan & kekurangan yang sudah saya rangkum dari video animasi yang telah saya buat ini:

1. Kelebihan:

- Animasi yang saya buat menampilkan alur yang sesuai dengan storynya.

- Terlihat simple & menarik.

2. Kekurangan:

- Mulut karakter bergerak seolah-olah berbicara, tetapi tidak ada pengisi suara karakternya.

- Durasi nya terbilang singkat.


SARAN

            Saran yang dapat saya berikan adalah seperti yang saya sudah bahas di kekurangannya jika menampilkan animasi dengan mulut yang bergerak, maka animasi itu akan lebih baik menggunakan pengisi suara agar lebih jelas & menarik.

Komentar

Postingan Populer