TUGAS MAKALAH ANIMASI & DESIGN GRAFIS
MAKALAH ANIMASI & DESAIN GRAFIS
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa yang telah menolong hamba-Nya
menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Berkat
pertolongan-Nya saya mampu menyelesaikan makalah ini tepat pada
waktunya. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah
Pengantar Animasi & Desain Grafis, yang saya sajikan berdasarkan
pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini saya susun penuh dengan
teliti untuk mempersiapkan makalah ini dengan baik. Saya juga mendapati
beberapa rintangan ketika membuat makalah ini, namun dengan penuh
kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan YME akhirnya makalah ini
dapat terselesaikan.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada
pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya
mohon untuk saran dan kritiknya untuk pengembangan makalah yang lebih
baik di masa depan. Terima kasih.
Penyusun
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTARDAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Animasi & Desain Grafis.
B. Prinsip Desain Grafis.
C. Unsur Desain Grafis.
D. Alat – Alat Animasi dan Desain Grafis.
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan.
B. Tools Animasi dan Desain Grafis.
C. Saran.
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian
rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada
gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan
yang dideteksi secara visual oleh mata penonton.
Desain sendiri merupakan proses pemikiran dan perasaan yang akan
menciptakan sesuatu, dengan menggabungkan fakta, konstruksi, fungsi dan
estetika untuk memenuhi kebutuhan manusia atau Desain grafis juga biasa
diartikan suatu konsep pemecahan masalah rupa, warna, bahan, teknik,
biaya, guna dan pemakaian yang diungkapkan dalam gambar dan bentuk.
Dalam desain grafis masalahnya mencakup berbagai bidang seperti teknik
perencanaan gambar, bentuk, simbol, huruf, fotografi dan proses cetak
disertai pula dengan pengetahuan tentang bahan dan biaya.
Biasanya Desain grafis biasanya diterapkan untuk media-media statis,
seperti buku, majalah, dan brosur tetapi sejalan dengan perkembangan
zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang
sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Tujuan desain grafis selain menciptakan desain atau perencanaan
fungsional estetis, namun juga yang informatif dan komunikatif dengan
masyarakat yang dilengkapi pula dengan pemahaman mengenai psikologi
massa dan teori-teori pemasaran, sehingga karya-karya desain grafis ini
bisa merupakan alat promosi yang ampuh.
Dari sinilah Desain grafis juga seperti jenis desain lainnya merujuk
kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan
(rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
BAB II
PEMBAHASAN
Animasi berasal dari bahasa inggris “animate” = menghidupkan, dan
menggerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang
asalnya suatu benda mati secara berurutan dalam posisi yang berbeda
seolah-olah menjadi hidup/ bergerak. Animasi tersendiri atau lebih
akrab disebut dengan film animasi, adalah film animasi adalah film yang
merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar
yang bergerak, Animasi (Animation) adalah rangkaian proses dimana
setiap fram dari sebuah film diproduksi satu per satu. Animation
Character adalah satu aspek khusus dalam proses pembuatan animasi. Hal
ini seperti menciptakan mahkluk hidup.
Desain Grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan,
ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual.
Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan
desain interaksi. Dalam desain grafis masalahnya mencakup berbagai
bidang seperti teknik perencanaan gambar, bentuk, simbol, huruf,
fotografi dan proses cetak disertai pula dengan pengetahuan tentang
bahan dan biaya. Biasanya Desain grafis biasanya diterapkan untuk
media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur tetapi sejalan
dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau
desain multimedia.
B. Prinsip Desain Grafis
1. Kesederhanaan
Demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan.
Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline),
subjudul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan
jenis font yang ornamental dan njilimet, seperti huruf blackletter yang
sulit dibaca.
2. Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling
berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip
keseimbangan ada dua, yaitu keseimbangan formal (simetris) dan
keseimbangan informal. Keseimbangan formal memberikan kesan sempurna,
resmi, kokoh, yakin dan bergengsi. Keseimbangan formal juga menyinggung
mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai elemen desain. Semisal
wana logo.
3. Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang
merupakan isi pokok dari komposisi.
4. Penekanan (aksentuasi)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau
melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Kalau dalam konteks
desain surat kabar ini bisa dilakukan dengan memberikan kotak raster
atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu
untuk dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada
judul berita, sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya.
Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras
antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
5. Irama (repetisi)
Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama
merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa
dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain
grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar
obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas,
jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.
6. Proporsi (Proportion)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian.
Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan
– perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan
matematis dalam sebuah bidang. Proporsi ini adalah perbandingan yang
ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia
sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam
bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran
kertas dan layout halaman.
C. Unsur Desain Grafis
Agar desain yang kita hasilkan menarik mata ada beberapa unsur yang
harus dipelajari yaitu unsur dalam desain grafis. Yang diantaranya
yaitu:
1. Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik
poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis
lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk
membangun bentuk atau konstruksi desain.
2. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran
(circle), dan segitiga (triangle).
3. Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat
dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur
sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya
permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain
sebagainya.
4. Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada
praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain
dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian
ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar
belakang (background).
5. Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar
kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini dapat menciptakan
kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain, sehingga orang akan
tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
6. Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna
orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan
sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.
D. Alat – Alat Animasi dan Desain Grafis
Ada banyak software desain grafis yang bisa digunakan untuk mulai
belajar desain. Dari yang terpopuler dan bahkan sudah menjadi standar
dalam industri desain grafis saat ini kebanyakan adalah produk-produk
keluaran dari perusahaan Adobe. Sebut saja Photoshop, yang kehebatannya
tidak perlu diragukan lagi untuk urusan manipulasi foto.
Selain Photoshop yang biasa digunakan untuk editing foto, masih ada
lagi software desain grafis untuk urusan membuat desain vektor. Contoh
software desain yang biasa digunakan dalam kategori vektor ini adalah
Adobe Ilustrator dan Corel DRAW. Berikut software-software atau program
aplikasi yang biasa digunakan dalam industri desain grafis oleh para
profesional:
- Desain Grafis:
1. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop merupakan salah satu software desain grafis paling
populer saat ini. Meskipun sebenarnya software ini secara khusus
dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar dan biasa digunakan oleh
para fotografer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih menarik.
2. Adobe Ilustrator
Jika ingin membuat sebuah desain vektor (vector) seperti sketsa,
tipografi atau bahkan desain ilustrasi yang
lebih kompleks untuk kebutuhan video, Adobe Illustrator merupakan
pilihan yang tepat untuk mengerjakan itu semua.
3. Adobe Indesign
InDesign merupakan salah satu software unggulan dalam membuat layout
untuk dekstop dan mobile. Adobe InDesign sangat ideal untuk penggunaan
desain layout seperti majalah online, brosur atau majalah digital.
4. Corel Draw
Dengan CorelDraw, kita mempunyai kontrol penuh untuk membuat hasil
desain menjadi lebih cepat dan dinamis. Jika menggunakan CorelDraw
versi X5 ke atas, kita mendapatkan fitur inbuilt organizer (Corel
CONNECT).
- Animasi:
1. 3D Studio Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah
perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh
Autodesk Media & Entertainment. Perangkat lunak ini dikembangkan
dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32.
Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet
Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk
8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan
oleh Discreet di Siggraph 2005.
2. Blender
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D.
Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual,
model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender
memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting
gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel,
animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
3. LightWave 3D
LightWave (atau, lebih sesuai, LightWave 3D) adalah sebuah program
grafik komputer untuk pemodelan 3D, rendering, dan animasi. Meskipun
program ini berasal dari Commodore Amiga, dia telah diport untuk
mendukung Mac OS X, Windows, dan mesin rendernya telah diport ke
platform Linux.
BAB III
PENUTUP
Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi yang menjadi pokok
bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan
kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau
referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Semoga makalah
ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman
pada umumnya
A. Kesimpulan
Menurut saya, Desain Grafis adalah Suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan se-efektif
mungkin. Sedangkan Animasi adalah Sekumpulan gambar yang bergerak
dengan cepat secara terus menerus yang masing-masing dari gambar
tersebut memiliki hubungan satu dengan yang lainnya. Intinya adalah
Animasi dan Desain Grafis memiliki kesatuan yang utuh, karena dengan
teknik Desain Grafis, sebuah Animasi akan terdukung untuk menghasilkan
output yang menarik.
B. Tools Animasi dan Desain Grafis
- Adobe Photoshop , software ini secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar dan biasa digunakan oleh para fotografer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih menarik.
Kelebihan:
1. Dapat membuat tulisan dengan efek tertentu. Photoshop dapat membuat
tulisan menjadi lebih menarik dengan fitur effect yang terdapat di
dalamnya.
2. Membuat tekstur dan material yang beragam. Tentunya untuk membuat
ini diperlukan beberapa langkah hingga menghasilkan gambar konkrit
seperti daun, logam, air, dan lain – lain.
Kekurangan:
Hanya dapat membuat gambar yang statis.
- Adobe Illustrator , Jika ingin membuat sebuah desain vektor (vector) seperti sketsa, tipografi atau bahkan desain ilustrasi yang lebih kompleks untuk kebutuhan video, Adobe Illustrator merupakan pilihan yang tepat untuk mengerjakan itu semua.
Kelebihan:
1. Fitur cukup lengkap.
2. Dapat membuat ilustrasi, logo, dan gambar vector lainnya.
3. File berformat .ai dapat dibuka di software Adobe yang lain.
Kekurangan:
1. Sulit untuk mengerjakan layout dengan Adobe Illustrator.
2. Ada fitur yang tidak user friendly.
- 3D Studio Max , Digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object, baik untuk keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan exterior, 3D building design), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan obyek tiga dimensi.
Kelebihan:
1. Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat
diubah sesuai keinginan.
2. Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material
kayu, batuan, dan tanah.
Kekurangan:
Proses Render memakan waktu yang cukup lama.
C. Saran
Saran yang dapat diberikan terkait dengan Animasi dan Desain Grafis
ialah Untuk Software Animasi dan Desain Grafis memerlukan spesifikasi
PC/Laptop yang mumpuni, terutama pada Processor dan memorynya. Karena 2
komponen inilah yang menentukan kecepatan dan waktu yang dibutuhkan
dalam proses Render.
BalasHapuskeren
DESAIN GRAFIS
thanks gan sudah share
BalasHapuspinset cody ori