TUGAS MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Di Susun Oleh :
Muhammad Alvendra Ihza
14116159
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI)
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI)
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2017/2018
1.
Jelaskan macam-macam layanan sistem informasi!
·
E-Government = adalah layanan sistem informasi pemerintah berbasis
elektronik.
·
E-Education = adalah layanan sistem informasi pendidikan berbasis
elektronik.
·
E-Commerce = adalah layanan sistem informasi belanja berbasis
elektronik.
2.
Jelaskan & sebutkan teknologi manajemen layanan sistem informasi?
Contohnya!
·
Contoh dari teknologi manajemen layanan sistem informasi adalah payroll.
Payroll sendiri adalah sebuah administrasi penggajianyang merupakan pekerjaan
rutin dan termasuk bagian yang terpenting dari suatu perusahaan yang mempunyai
karyawan atau pegawai. Payroll biasanyadigunakan oleh bagian HRD disuatu
perusahaan. Mereka menghitung berapa gaji yang harus dibayarkan, apakah sesuai
dengan pekerjaannya.
·
Lalu
ada TPS (Transaction Processing System ) yaitu sistem informasi yang
terkomputerisasi yang di kembangkan untuk memperoses data yang besar.banyak di
gunakan oleh perusahaan besar untuk penggajian pegawai dan pencatatan
inventarisasi, sistem informasi ini dapat mengasilkan laporan yang detail ke
pada manajer dan dapat di gunakan untuk mengolah data seperti mengurutkan data,
melihat data, mengupdate data dll.
·
Dan
ada OAS (Office Automation Sistem) Dengan teknologi ini user/pemakai dapat
saling terhubung dengan user lain dan di harapkan dapat memberikan
kecepatan,keamanan, ketepatan dan produktivitas kerja yang lebih efisien. Sistem
informasi ini menghubungakan user 1 dengan user lain dengan memanfaatkan sebuah
server untuk mengendalikan workstation dan peralatan lainnya.Melalui jaringan
LAN dan Internet seorang user dapat berkomunikasi dengan user lain tanpa batas
ruang dan waktu.
3.
Sebutkan strategi desain dalam merancang Manajemen Layanan Sistem Informasi!
·
Strategi sebagai Perspective
Ini berhubungan
dengan pandangan, tujuaan dan filosofi penyedia layanan IT untuk melakukan
bisnis dengan konsumen.
·
Strategi sebagai Position
Ini mendeskripsikan
strategi dalam kebijakan penyedia layanan IT tersebut dalam layanan yang
diberikan (contoh: kualitas tinggi atau harga rendah, utilitas yang memadai
atau garansi).
·
Strategi sebagai Plan
Ini mendeskripsikan
strategi sebagai planning yang menunjukkan bagaimana penyedia layanan IT akan
bergerak maju dari di mana hari ini menuju ke tujuan yang diinginkan
·
Strategi sebagai Pattern
Ini mendeskripsikan
strategi sebagai sebuah cara konsisten dalam mengambil keputusan
4.
Perlukah keamanan untuk Manajemen
Layanan Sistem Informasi? Berikan alasannya!
Perlu, karena aplikasi berbasis Manajemen Layanan Sistem Informasi biasanya meminta data dari penggunanya untuk dimasukkan kedalam database.
Apabila tidak ada keamaan untuk menjaga data tersebut maka akan ada kejahatan
pencurian identitas atau identity stealing dan pencurian data. Oleh karena itu,
keamaanan dalam menjaga aplikasi Manajemen Layanan Sistem Informasi itu sangat penting.
5.
Sebutkan macam-macam aplikasi berbasis mobile dan web untuk Manajemen Layanan
Sistem Informasi dan capture layanan tersebut!
-Mobile:
Tokopedia
BCA Mobile
Ruang Guru mobile
-Web:
BAAK Gunadarma
Internet Banking BCA
DJP Online (Pelayanan Pajak)
Komentar
Posting Komentar