TUGAS MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI



Di Susun Oleh :
Muhammad Alvendra Ihza
14116159
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI)
                                    UNIVERSITAS GUNADARMA
2017/2018

      1.    Jelaskan macam-macam layanan sistem informasi!

·         E-Government = adalah layanan sistem informasi pemerintah berbasis elektronik.
·         E-Education = adalah  layanan sistem informasi pendidikan berbasis elektronik.
·         E-Commerce = adalah layanan sistem informasi belanja berbasis elektronik.

      2.    Jelaskan & sebutkan teknologi manajemen layanan sistem informasi? Contohnya!

·         Contoh dari teknologi manajemen layanan sistem informasi adalah payroll. Payroll sendiri adalah sebuah administrasi penggajianyang merupakan pekerjaan rutin dan termasuk bagian yang terpenting dari suatu perusahaan yang mempunyai karyawan atau pegawai. Payroll biasanyadigunakan oleh bagian HRD disuatu perusahaan. Mereka menghitung berapa gaji yang harus dibayarkan, apakah sesuai dengan pekerjaannya.

·         Lalu ada TPS (Transaction Processing System ) yaitu sistem informasi yang terkomputerisasi yang di kembangkan untuk memperoses data yang besar.banyak di gunakan oleh perusahaan besar untuk penggajian pegawai dan pencatatan inventarisasi, sistem informasi ini dapat mengasilkan laporan yang detail ke pada manajer dan dapat di gunakan untuk mengolah data seperti mengurutkan data, melihat data, mengupdate data dll.

·         Dan ada OAS (Office Automation Sistem) Dengan teknologi ini user/pemakai dapat saling terhubung dengan user lain dan di harapkan dapat memberikan kecepatan,keamanan, ketepatan dan produktivitas kerja yang lebih efisien. Sistem informasi ini menghubungakan user 1 dengan user lain dengan memanfaatkan sebuah server untuk mengendalikan workstation dan peralatan lainnya.Melalui jaringan LAN dan Internet seorang user dapat berkomunikasi dengan user lain tanpa batas ruang dan waktu.
                             
      3.    Sebutkan strategi desain dalam merancang Manajemen Layanan Sistem Informasi!

·         Strategi sebagai Perspective
Ini berhubungan dengan pandangan, tujuaan dan filosofi penyedia layanan IT untuk melakukan bisnis dengan konsumen.
·         Strategi sebagai Position
Ini mendeskripsikan strategi dalam kebijakan penyedia layanan IT tersebut dalam layanan yang diberikan (contoh: kualitas tinggi atau harga rendah, utilitas yang memadai atau garansi).
·         Strategi sebagai Plan
Ini mendeskripsikan strategi sebagai planning yang menunjukkan bagaimana penyedia layanan IT akan bergerak maju dari di mana hari ini menuju ke tujuan yang diinginkan
·         Strategi sebagai Pattern
Ini mendeskripsikan strategi sebagai sebuah cara konsisten dalam mengambil keputusan

      4.     Perlukah keamanan untuk Manajemen Layanan Sistem Informasi? Berikan alasannya!

Perlu, karena aplikasi berbasis Manajemen Layanan Sistem Informasi biasanya meminta data dari penggunanya untuk dimasukkan kedalam database. Apabila tidak ada keamaan untuk menjaga data tersebut maka akan ada kejahatan pencurian identitas atau identity stealing dan pencurian data. Oleh karena itu, keamaanan dalam menjaga aplikasi Manajemen Layanan Sistem Informasi itu sangat penting.

      5.    Sebutkan macam-macam aplikasi berbasis mobile dan web untuk Manajemen Layanan Sistem Informasi dan capture layanan tersebut!



-Mobile:



Tokopedia



BCA Mobile



Ruang Guru mobile


-Web:


BAAK Gunadarma



Internet Banking BCA



DJP Online (Pelayanan Pajak)

Komentar

Postingan Populer