MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN
LAYANAN SISTEM INFORMASI
Di Susun Oleh :
Muhammad Alvendra Ihza
14116159
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI)
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI)
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2017/2018
MANFAAT
TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
1. MANAJEMEN
Manajemen sering
disebut sebagai pengambilan keputusan. Manajemen adalah kemampuan dalam
mempengaruhi orang lain agar mau melakukan dan menuruti sesuatu apa yang kita
mau. Manajemen juga merupakan suatu proses dalam rangka mencapai tujuan dengan
bekerja bersama melalui orang lain. Manajemen ada kaitannya dengan tindakan
mengatur. Seorang leader atau pemimpin mempunyai kemampuan untuk menjadikan
orang lain agar mau melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan kita. Tentunya
seorang leader juga memiliki skill yang baik bahkan mampu menjadikan orang lain
lebih dihargai.
2. LAYANAN
Pengertian layanan
adalah suatu kegiatan dalam menyediakan apa yang dibutuhkan orang lain. Suatu
pelayanan terbentuk karena adanya proses memberi layanan tertentu dari pihak
yang menyediakan layanan tersebut kepada pihak yang akan dilayani. Dalam
melakukan pelayanan tentunya ada beberapa yang harus diperhatikan, diantaranya
adalah orang yang melayani harus mampu memberikan kepercayaan terhadap
pelanggannya sehingga pelanggan yakin apa yang telah dilakukan misalnya dalam
perusahaan. Harus mampu dalam melayani pelanggan dengan cepat dan tepat,
dibandingkan dengan pesaing. Bertanggung jawab kepada setiap pelanggan sampai
akhir. Dan mampu berkomunikasi dengan jelas, menyenangkan, dan mampu mengerti
keinginan dan kebutuhan pelanggannya.
3. SISTEM INFORMASI
Pengertian sistem
adalah satu kesatuan terstruktur untuk melaksanakan suatu tujuan. Atau kumpulan
orang yang saling bekerja sama dengan ketentuan aturan yang sistematis dan terstruktur
membentuk satu kesatuan demi tercapainya tujuan.
Pengertian
informasi adalah suatu data yang telah diolah menjai bentuk yang penting bagi
si penerima dan memiliki manfaat atau hasil yang nyata dan dapat dirasakan
dengan dapat menyelesaikan suatu masalah
Pengertian sistem
informasi adalah sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan
keputusan dan menjalankan dengan melibatkan kecanggihan teknologi informasi
untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Atau sistem informasi yaitu suatu
kegiatan atau aktifitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung
operasi dan manajemen.
4. PENGERTIAN MANAJEMEN LAYANAN
SISTEM INFORMASI
Pengertian
Manajemen Layanan Sistem Informasi yaitu suatu metode yang mengatur
atau mengelola layanan sistem informasi yang tertuju pada pemikiran dan
kebutuhan konsumen dalam melayani sebuah teknologi informasi terhadap suatu
organisasi pada perusahaan
Manfaatnya:
1. Dapat mengakses data
secara tepat dan cepat.
2. Dapat mencapai sasaran bisnis.
3. Dapat mengidentifikasikan kebutuhan manusia saat ini.
4. Membantu meningkatkan peluang bisnis.
2. Dapat mencapai sasaran bisnis.
3. Dapat mengidentifikasikan kebutuhan manusia saat ini.
4. Membantu meningkatkan peluang bisnis.
5. Kita dapat dengan mudah untuk mengidentifikasi
kebutuhan yang kita butuhkan, dengan begitu kita dapat dengan mudah melakukan
pekerjaan.
6. Dengan menggunakan layanan ini, kita dapat menghemat biaya dan juga
mendapatkan banyak pendapatan.
Contohnya seperti Tokopedia.
Pernah mendengar Tokopedia? Ya, Tokopedia ini menyediakan kebutuhan manusia berdasarkan kategori-kategori yang sudah disediakan pada aplikasi tersebut. Setiap barang yang di display, dapat di filter sesuai budget dan rating.
Kemudian, sistem yang digunakan pun adalah sistem Real-Time. Jadi, saat kita pesan, barang langsung diproses.
Tokopedia bekerja sama dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah untuk memeriksa status pengiriman barang. Tokopedia sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran yang unik adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna unik ini yang ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia.
Apalagi, Proses transaksi Tokopedia ini sudah di tanamkan sistem berupa rekber/midman. Jadi , proses transaksi antara penjual dan pembeli lebih aman karena setiap proses mengharuskan penjual dan pembelinya untuk melakukan konfirmasi, mulai dari konfirmasi pembayaran, konfirmasi pengiriman hingga konfirmasi bahwa barang telah diterima.
Toko/Kios online yang bekerja sama dengan Tokopedia pun, akan mendapatkan uang hasil penjualan setelah barang sampai, walaupun pengguna sudah membayarkan barang sebelum menerimanya.
https://moniccaester.wordpress.com/2016/04/07/contoh-teknologi-atau-sistem-yang-telah-menggunakan-manajemen-layanan-sistem-informasi/
https://nuniknoviani.wordpress.com/2016/03/22/manajemen-layanan-sistem-informasi
https://manggalahesthawa.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/
Komentar
Posting Komentar