MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI


MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI



Di Susun Oleh :
Muhammad Alvendra Ihza
14116159
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI)
                                    UNIVERSITAS GUNADARMA
2017/2018

MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI



      1.      MANAJEMEN


Manajemen sering disebut sebagai pengambilan keputusan. Manajemen adalah kemampuan dalam mempengaruhi orang lain agar mau melakukan dan menuruti sesuatu apa yang kita mau. Manajemen juga merupakan suatu proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang lain. Manajemen ada kaitannya dengan tindakan mengatur. Seorang leader atau pemimpin mempunyai kemampuan untuk menjadikan orang lain agar mau melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan kita. Tentunya seorang leader juga memiliki skill yang baik bahkan mampu menjadikan orang lain lebih dihargai.


      2.      LAYANAN


Pengertian layanan adalah suatu kegiatan dalam menyediakan apa yang dibutuhkan orang lain. Suatu pelayanan terbentuk karena adanya proses memberi layanan tertentu dari pihak yang menyediakan layanan tersebut kepada pihak yang akan dilayani. Dalam melakukan pelayanan tentunya ada beberapa yang harus diperhatikan, diantaranya adalah orang yang melayani harus mampu memberikan kepercayaan terhadap pelanggannya sehingga pelanggan yakin apa yang telah dilakukan misalnya dalam perusahaan. Harus mampu dalam melayani pelanggan dengan cepat dan tepat, dibandingkan dengan pesaing. Bertanggung jawab kepada setiap pelanggan sampai akhir. Dan mampu berkomunikasi dengan jelas, menyenangkan, dan mampu mengerti keinginan dan kebutuhan pelanggannya.


      3.      SISTEM INFORMASI


Pengertian sistem adalah satu kesatuan terstruktur untuk melaksanakan suatu tujuan. Atau kumpulan orang yang saling bekerja sama dengan ketentuan aturan yang sistematis dan terstruktur membentuk satu kesatuan demi tercapainya tujuan.
Pengertian informasi adalah suatu data yang telah diolah menjai bentuk yang penting bagi si penerima dan memiliki manfaat atau hasil yang nyata dan dapat dirasakan dengan dapat menyelesaikan suatu masalah
Pengertian sistem informasi adalah sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan dan menjalankan dengan melibatkan kecanggihan teknologi informasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Atau sistem informasi yaitu suatu kegiatan atau aktifitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen.


      4.      PENGERTIAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI


Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi yaitu suatu metode  yang mengatur atau mengelola layanan sistem informasi yang tertuju pada pemikiran dan kebutuhan konsumen dalam melayani sebuah teknologi informasi terhadap suatu organisasi pada perusahaan
Manfaatnya:


1. Dapat mengakses data secara tepat dan cepat.
2. Dapat mencapai sasaran bisnis.
3. Dapat mengidentifikasikan kebutuhan manusia saat ini.
4. Membantu meningkatkan peluang bisnis.
5. Kita dapat dengan mudah untuk mengidentifikasi kebutuhan yang kita butuhkan, dengan begitu kita dapat dengan mudah melakukan pekerjaan.
6. Dengan menggunakan layanan ini, kita dapat menghemat biaya dan juga mendapatkan banyak pendapatan.


Contohnya seperti Tokopedia.




Pernah mendengar Tokopedia? Ya, Tokopedia ini menyediakan kebutuhan manusia berdasarkan kategori-kategori yang sudah disediakan pada aplikasi tersebut. Setiap barang yang di display, dapat di filter sesuai budget dan rating.
Kemudian, sistem yang digunakan pun adalah sistem Real-Time. Jadi, saat kita pesan, barang langsung diproses.
Tokopedia bekerja sama dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah untuk memeriksa status pengiriman barang. Tokopedia sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran yang unik adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna unik ini yang ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia.
Apalagi, Proses transaksi Tokopedia ini sudah di tanamkan sistem berupa rekber/midman. Jadi , proses transaksi antara penjual dan pembeli lebih aman karena setiap proses mengharuskan penjual dan pembelinya untuk melakukan konfirmasi, mulai dari konfirmasi pembayaran, konfirmasi pengiriman hingga konfirmasi bahwa barang telah diterima. 
Toko/Kios online yang bekerja sama dengan Tokopedia pun, akan mendapatkan uang hasil penjualan setelah barang sampai, walaupun pengguna sudah membayarkan barang sebelum menerimanya.

https://moniccaester.wordpress.com/2016/04/07/contoh-teknologi-atau-sistem-yang-telah-menggunakan-manajemen-layanan-sistem-informasi/
https://nuniknoviani.wordpress.com/2016/03/22/manajemen-layanan-sistem-informasi
https://manggalahesthawa.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/

Komentar

Postingan Populer