Analisis SWOT: Accurate 5

ANALISIS ACCURATE 5


Di Susun Oleh :
Muhammad Alvendra Ihza
14116159
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI)
                                    UNIVERSITAS GUNADARMA
2017/2018

Pengertian SWOT
Seperti yang sudah di jelaskan pada postingan sebelumnya, SWOT adalah metode perencanaan startegis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman membentuk akronim SWOT (strength, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung serta yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matriks SWOT, dimana aplikasiny adalah bagaimana kekuatan (strength) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strength) mampung menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau mencitakan sebuah ancaman baru.
Sejarah Accurate
Accurate Accounting Software dikembangkan sejak 1999 oleh PT Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft Developer of Accurate Software) dan telah di aplikasikan oleh lebih dari 50,000 pengguna dan bekerja sama dengan lebih dari 30 Universitas terkemuka Indonesia sebagai mitra Accurate.

Modul yang terdapat didalam paket Accurate Accounting Software antara lain ; General Ledger, Cash / Bank, Inventory, Purchase, Sales, Fixed Asset, dan tersedia untuk varian project dan manufaktur dan lain sebagainya.
Pengertian Accurate


Accurate Accounting Software adalah software akuntansi yang dapat membantu pengusaha melakukan pencatatan pembukuan, transaksi penjualan, pembelian, inventory, dan sebagainya serta penyusunan laporan keuangan hanya dalam beberapa langkah mudah serta cepat dan akurat.

Software Akuntansi Accurate Accounting System dapat digunakan untuk perusahaan seperti :
  1. Perusahaan Konveksi
  2. Perusahaan Inline Shop
  3. Perusahaan Dagang
  4. Perusahaan Jasa
  5. Perusahaan Logistik
  6. Perusahaan Retail
  7. Bengkel
  8. Rumah Sakit
  9. Perkebunan
  10. Perikanan
  11. Peternakan
  12. Pabrik (manufaktur)
  13. Dan perusahaan lainnya
Pada tanggal 14 Agustus 2015, Accurate Accounting Software meluncurkan update versi terbarunya yaitu Accurate versi 5. Terdapat beberapa tambahan fitur baru, perubahan tampilan skin dan perbaikan beberapa bug di versi terbaru ini. Dan di Accurate Accounting Software versi 5 ini juga sudah support E-Faktur dan E-PPh23.

Penambahan fitur baru di software Accurate versi 5 ini diantaranya yaitu :
  • Fitur export ke E-Faktur
  • Fitur export ke E-PPh23
  • Laporan bukti potong PPh23
  • Penomoran bukti transaksi per akun Bank / Kas
  • Export Import transaksi Requisition, Purchase Order, Receive Item dan Item Transfer
  • Penambahan field "Cheque Date" di list Purchase Payment danlist Sales Receipt 
  • Dan beberapa fitur baru lainnya serta perbaikan beberapa bug yang ada di versi sebelumnya
Analisis SWOT pada Accurate



1. Strength (Kekuatan)
Sesuai PSAK dan Perpajakan Indonesia
Pusing dengan peraturan pajak Indonesia yang selalu berubah-ubah? Tenang. Software Accurate Accounting adalah program akuntansi buatan putra-putri bangsa. Ya Accurate program akuntanis lokal, Indonesia. Accurate dapat membantu membuatkan laporan keuangan Anda dan juga tentunya pajak.

Sudah Teruji
Accurate sudah adadari tahun 1998 hingga sekarang, sudah lebih dari 100.000 perusahaan yang menggunakan software akuntansi Accurate. Dari versi 1 hingga versi 5 tahun 2016 kemarin, CPSsoft selaku pengembang Accurate mengeluarkan produk baru Accurate Online. Sudah sangat familar di kalangan pebisnis dan akuntan, jika mendengar nama Accurate Accounting System.

User Friendly
Sebagus apapun seuah software apabila usernya sendiri tidak dapat menggunakan, sama saja tidak berguna bukan? Accurate sendiri mengadopsi software yang user friendly, sehingga user dengan yang bukan basic akuntan pun bisa menggunakan Accurate.

Tidak ada Biaya Maintenance Software
Pembayaran pembelian software Accurate versi 5 adalah one time payment didepan, lisence program berlaku seumur hidup, begitu juga dengan after sales oleh divisi support via email support@cpssoft.com yang selalu siap melayani Anda dalam menggunakan program Accurate.

Database Bisa dibuat Sebanyak Apapun
Bagi Anda yang memiliki beberapa jenis usaha, Accurate dapat membuat laporan masing-masing usaha Anda. Satu lisence Accurate mengakses dan membuat database sebanyak apapun.

Tidak Perlu Bingung
Dengan adanya Accurate ini maka kita tidak perlu bingung lagi untuk memudahkan pekerjaan kita, seperti memantau keuangan perusahaan kita dan lain-lain. dengan mudahnya kita dapat mengakses aplikasi i ni dengan aplikasi mobile untuk melihat perkembangan perusahaan kita.
2. Weaknesses (Kelemahan)
Tidak Dapat di Custom
Software Accurate ada software paket. Kenapa tidak? Karena Accurate sudah mensurvei ke perusahaan-perusahaan dari UMKM, UKM di Indonsia, dan Perusahaan menengah ke atas. Jadi, Accurate di buat sesuai dengan kebutuhan perusahaan-perusahaan di Indonesia, sesuai dengan PSAK dan perpajakan di Indonesia juga. Laporan dan form seperti PO, Invoice, dan lain-lain, masih di custom.

Tidak Mencakup Seluruh Operasional Perusahaan
Basic dari program Accurate adalah Accounting software bukan operasional software. Contoh seperti pembayaran gaji perkaryawan belum bisa di Accurate versi 5, dapat di catat secara global saja. Untuk pencatatan gaji perkaryawan dan pajaknya baru bisa di Accurate Online.

Tidak Mendapatkan Training Pembelian Baru
Dulu Accurate memang mempaketkan dalam pembelian baru Accurate maka mendapatkan training, namun harganya lebih mahal. Sekarang, sudah banyak SMK dan Universitas di Indonesia yang bekerja sama dengan Accurate sehingga SDM siap pakainya sudah banyak.

Maka dari itu, Accurate menekan harga software semurah munkin, dan jika di perusahaan Anda sudah ada karyawan yang sudah bisa menggunakan Accurate. Kenapa harus mengambil jasa training? Jadi training Accurate sangat fleksible tergantung kebutuhan perusahaan.
3. Opportunities (Kesempatan)
Pertumbuhan perusahaan yang menggunkan jasa Akuntansi semakin banyak dan semakin mudah untuk digunakan, semakin berkembangnya dunia perusahaan maka semakin banyak jasa akuntansi yang menggunakan program Accurate ini. Sekarang sudah ada aplikasi Accurate yang berbasis moile untuk memudahkan kita mengerjakan pekerjaan suatu perusahaan.
4. Threats (Ancaman)
  1. Ancamannya untukaplikasi Accurate 5 ini adalah malware, jika kita mendownload aplikasi ini secara ilegal atau mencari bajakan maka akan berdampak buruk bagi penggunaannya. Tidak hanya malware saja, tetapi pelanggaran hukum juga berlaku. Apabila kita menggunakan aplikasi bajakan maka kita akan di tuntut dan harus membayar denda kepada penciptanya.
  2. Saingan antara software akuntansi lainnya, setiap kebutuhan perusahaan baru akan berbeda dengan perusahaan yang mulai berkembang. Contohnya, perusahaan yang sudah mapan. Semakin rumit kebutuhan para penggunanya, semakin banyak fitur yang dibutuhkan untuk perusahaan tersebut yang kita butuhkan dalam sebuah software akuntansi.
  3. Jangan sampai salah untuk memepertimbangkan antara keinginan dan kebutuhan. Setiap perusahaan pastinya mempunyai kebutuhan software akuntansi yang sama. Tetapi karena jenis industrinya berbeda-beda, maka masing-masing perusahaan mempunyai proses yang berbeda-beda. Jadi, kita harus mempertimbangkan softeware akuntansi mana yang cocok untuk perusahaan tersebut.
Kesimpulan
Pada software Accurate versi 5 ini cukup bagus dengan fitur yang memeadai untuk kebutuhan perusahaan, dan cukup mudah untuk dipahami bagi para pemula, kita dapat melihat pergerakan akuntansi perusahaan kita sendiri dengan mudah. Tetapi sangat disayangkan karena tidak bisa mendapatkan training pada pembelian baru dan tidak bisa di custom.

Komentar

Postingan Populer