SEJARAH PERKEMBAGAN SISTEM & TEKNOLOGI INFORMASI
SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM & TEKNOLOGI INFORMASI
Di Susun Oleh :
Muhammad
Alvendra Ihza
14116159
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI)
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI)
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2017/2018
Sejarah Perkembangan Sistem & Teknologi Informasi
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur
yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau
untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Sedangkan sistem yang lebih
menekankan pada elemen atau komponennya medefinisikan sistem sebagai kumpulan
dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Sistem informasi adalah suatu sinergi antara data,
mesin pengelolah data berupa komputer, program aplikasi dan jaringan, serta
manusia untuk menghasilkan informasi. Jadi sistem informasi bukan hanya
aplikasi perangkat lunak saja, bahkan sistem informasi ada disetiap perusahaan
dan instansi dalam melakukan kegiatan bisnis mereka sehari-hari.
Sedangkan pengertian dan hubungannya sistem informasi
adalah sistem yang terintegrasi yang dapat menyediakan informasi yang berguna
untuk penggunanya. Sedangakan teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia
terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga
pengiriman informasi akan lebih cepat, lebih luas sebarannya dan lebih lama
penyimpanannya.
Sejarah Teknologi Informasi
Teknologi informasi merupakan gabungan antara
teknologi perangkat keras hardware dan perangkat lunak software.
Pengembangan teknologi hardware cenderung menuju ukuran yang kecil dengan
kemampuan serta kapasitas yang tinggi. Namun diupayakan harga yang
relatif semakin murah. Perkembangan teknologi informasi dapat
meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan
dengan cepat, tepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.
Perkembangan teknologi informasi telah memunculkan berbagai jenis kegiatan yang
berbasis pada teknologi, seperti : e-government, e- commerce,
e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya
itu berbasiskan elektronik
Sejarah
Teknologi Informasi
a. Masa
Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada masa pra-sejarah teknologi informasi digunakan
sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang ingin dikenali. Informasi
yang didapatkan kemudian digambarkannya pada dinding-dinding gua atau
tebing-tebing bebatuan. Mengkomunikasikan informasi dengan gambar/lukisan
menjadi pilihan yang baik karena kemampuan berbahasa pada waktu itu hanya
berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan. Perkembangan selanjutnya mereka
mulai menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti
gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat
pemberi peringatan terhadap keadaan tertentu seperti keadaan bahaya
b.
Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
Pada masa sejarah, teknologi informasi berkembang pada
masayarakat kalangan atas seperti para kepala suku atau kelompok, digunakan
pada kegiatan tertentu seperti upacara, dan ritual. Teknologi informasi
belum digunakan secara masal seperti yang kita kenal sekarang ini.
1) Masa
Tahun 3000SM
Pada masa ini orang mulai mengenal simbol atau tulisan
dan ditemukan pertama kali simbol untuk informasi, digunakan oleh Bangsa
Sumeria. Tulisan yang digunakan waktu itu berupa simbol-simbol yang dibentuk
dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf yang
digunakan sudah mempunyai bunyi yang berbeda dalam penyebutannya untuk setiap
bentuk, sehingga sudah mampu membentuk kata, kalimat dan bahasa.
2) Masa
Tahun 2900 SM
Pada masa ini ditemukan bahwa Bangsa Mesir Kuno sudah
mengenal dan menggunakan huruf yang disebut Hierogliph. Huruf hierogliph sudah
merupakan bahasa simbol untuk sebuah ungkapan. Untuk setiap ungkapan dinyatakan
dengan simbol yang berbeda, dan apabila digabungkan menjadi satu maka akan mempunyai
cara pengucapan dan arti tersendiri. Bentuk tulisan dan bahasa hierogliphini
lebih maju dan lengkap dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria
3) Masa
Tahun 500 SM
Masa ini ditandai dengan pengenalan pada media informasi
yang sebelumnya menggunakan lempengan tanah liat. Pada masa ini manusia sudah
mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dengan serat pohon.
Serat papyrus yang berasal dari pohon Papyrusyang
tumbuh disekitar sungai nil ini dijadikan media menulis/media informasi
pada masa itu. Serat papyrus lebih kuat dan fleksibel
dibandingkan dengan lempengan tanah sebagai media informasi. Selanjutnya serat
papyrus merupakan cikal bakal media yang kita kenal sekarang ini yaitu media
kertas.
4) Masa
Tahun 1455
Masa ini ditandai dengan upaya menciptakan mesin
cetak. Pasa masa ini manusia sudah menggunakan mesin cetak yang berupa plat
huruf yang tebuat dari besi. Kemudian plat tersebut diganti dengan bingkai yang
tebuat dari kayu yang dikembangkan dikembangkan untuk pertama kali oleh Johann
Gutenberg.
5) Masa
Tahun 1800-an
Pada tahun 1830 orang sudah mengenal program
komputer. Augusta Lady Byronpertama menulis program komputer
yang berkerjasama dengan Charles Babbage. Mereka menggunakan
mesin analytical. Mesin analytical dengan
programnya didesain untuk mampu menerima data, mengolah data dan menghasilkan
bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Selanjutnya, mesin ini dikenal sebagai
bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat
mekanis dari yang bersifat digital. Mesin ini merupakan cikal bakal komputer
digital pertama ENIAC I pada 94 tahun kemudian.
Pada tahun 1837 ditandai dengan teknologi pengiriman
informasi. Samuel Morse mengembangkan telegraph dan
bahasa kode morsebersama Sir William Cook dan Sir
Charles Wheatstone. Mereka mengirim informasi secara
elektronik antara 2 (dua) tempat yang berjauhan melalui kabel yang
menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini
mampu mencapai selisih waktu yang baik dan hampir terjadi pada waktu yang
bersamaan. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan
secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi atau dibatasi oleh jarak dan
waktu.
6) Masa
Tahun 1900-an
Tahun 1923 Zvorkyn menciptakan tabung
TV (Televisi) yang pertama. Tahun 1940 dimulainya pengembangan ilmu
pengetahuan dalam bidang informasi pada masa perang dunia II yang dipergunakan
untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang
disimpan dalam bentuk magnetic tape. Tahun 1945 Vannevar
Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.
Tahun 1946 komputer digital pertama didunia yaitu ENIAC I dikembangkan.
Tahun 1948 para peneliti di Bell Telephone mengembangkan
Transistor. Tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan
transistor planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan
bahkan milyaran transistor dimasukan ke dalam sebuah keping kecil kristal
silikon.
Tahun 1969 sistem jaringan yang pertama dibentuk
dengan menghubungkan 4 nodes (titik), antara University of California, SRI
(Stanford), University California of Santa Barbara, dan University
of Utah dengan kekuatan 50Kbps. Tahun 1972 Ray Tomlinsonmenciptakan
program e-mail yang pertama. Tahun 1973 – 1990 istilah internet
diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP (Transmission Control
Protocol) kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan
yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari
DARPA.
Perkembangan Komputer
Istilah Komputer berasal dari bahasa latin
"computare", yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih
digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum
akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi
panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan
elektronik. Komputer di bagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah
perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan kemampuan
teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), makin rendah
biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya (user
friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer:
Generasi pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara
yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk
mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan
pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah
komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Generasi
kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat
memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di
televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang
drastic. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama
yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat
superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.
Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat
menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh
peneliti atom.
Generasi
ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube
vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat
berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun
1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan
silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil
memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang
disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
Generasi
keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas:
mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale
Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun
1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam
sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah
tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen
dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong
turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja,
efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun
1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah
komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam
sebuah chip yang sangat kecil.
Generasi
kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima
menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif
komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur
C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang
diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan
(artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.
Perangkat Komputer
Perangkat komputer merupakan komponen terpenting pada
komputer karena tanpa perangkat komputer maka komputer tidak akan bisa menyala,
satu saja kompunen pada komputer yang tak terpasang maka dipastikan komputer
tidak akan menyala atau bisa juga kesalahan dalam merakit komponen komputer
sangatlah fatal karena akan merusak bagian dari komponen yang lainnya, maka
dari itu apa saja perangkat yang ada pada komputer:
Motherboard
Motherboard merupakan perangkat komputer yang
berfungsi sebagai tempat perankat-perangkat lain, seperti processor, memori,
VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Setiap perangkat memiliki slot tersendiri
sehingga memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard.
Memory
Memori adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh
processor.Memory sendiri tebagi menjadi 2 bagian yaitu RAM (Random access
memory) dan ROM (Read only memory).
Central Processing Unit (CPU)
CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau sering juga disebut dengan microprocessor atau processor merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer. Karena itu, kinerja sebuah komputer sangat tergantung pada kinerja CPUnya.
Harddisk
Harddisk merupakan komponen komputer penyimpan data
yang paling terbesar kapasitasnya, bahkan hingga saat ini harddisk sudah
memiliki kapasitas sebesar 1.000 GigaByte atau yang sering kita sebut 1
TeraByte.
VGA Card
Vga card merupakan komponen komputer yang berfungsi
untuk merubah sinya digital menjadi sinyal gambar yang akan ditampilkan pada
monitor.
LAN Card
Lan card merupakan komponen komputer yang berfungsi
menghubungkan komputer pada jaringan internet yang terhubung pada connector RJ
45.
Monitor
Monitor merupakan perangkat output yang memberikan
tampilan visual kepada pengguna komputer.
Mouse
Mouse merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk
menjelajahi program dan menjalankan sebuah perintah.
Keyboard
Keyboard adalah seperangkat tombol-tombol yang
berfungsi sebagai media masukan bagi komputer.
Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk
menghasilkan cetakan dari komputer ked lam bentuk dokumen, gambar, bahkan dokumen
disertai dengan gambar.
Speaker
Speaker merupakan perangkat output untuk mengeluarkan
suara dari komputer, dan jenis lain dari speaker adalah earphone atau headset.
Pemanfaatan sistem teknologi informasi
Pemanfaatan sistem teknologi informasi sendiri banyak
sekali mempengaruhi perkembangan kinerja baik di bidang indrustri, perkantoran,
pendidikan dan yang lainnya. Contohnya dibidang pendidikan dengan adanya sistem
teknologi informasi para siswa dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang
lebih luas tidak hanya dari sekolah saja tapi dari dunia internet yang biasanya
untuk mengerjakan tugas yang diberikan dari bapak/ibu guru, selain informasi
secara materi yang didapatkan kita juga bisa terhubung dengan orang-orang yang
jauh dari kita dengan mudah dan cepat dikarenakan perkembangan teknologi dengan
pesat yang menciptakan aplikasi berbasis chat sperti yang sudah beredar saat
ini.
Perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak
a. Pemahaman
komponen perangkat keras
Input
Perangkat masukan atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. Ada dua jenis perangkat masukan yaitu peralatan input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk).
Perangkat masukan atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. Ada dua jenis perangkat masukan yaitu peralatan input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk).
Proses
Process Device pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan. meliputi cpu, motherboard, prosesor, ram, rom, memory, vga card, lan card, cmos, hard disk, floppy disk, cd rom, dvd rom, power supply, dan lain-lain.
Control
I/O adalah Suatu perangkat yg berhubungan dengan sistem komputer dengan
cara mengirim sinyal melalui suatu kabel atau bahkan melalui udara. I/O
merupakan salah satu komponen computer yang penting, I/O devices
menjadikan komputer berguna bagi manusia, Sebuah sistem kontrol I/O
bertujuan untuk memberikan bantuan kepada user untuk memungkinkan mereka
mengakses berkas, tanpa memperhatikan detail dari karakteristik dan waktu
penyimpanan.
Penyimpanan
Komputer mempunyai perangkat keras untuk media penyimpanannya. Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data. Contoh dari memori eksternal pada komputer adalah harddisk, cd-rom, dvd.
Output
Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data. Contohnya monitor, printer, speaker, rojector, dan yang lainnya.
b. Pemahaman komputer perangkat
luna
1) Evolusi perangkat lunak
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap
pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan
perangkat lunak komputer pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri yaitu
berorientasi batch, distribusi software terbatas
untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin
dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi perangkat lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan perangkat lunak tahap kedua mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction). Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi perangkat lunak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970
sampai awal tahun 1990. Pengembangan perangkat lunak sudah maju
sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi,
sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan
akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer
harganya sangat murah. Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat
mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada
masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 –
2000)
Evolusi perangkat lunak tahap
keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat
lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat
keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem
operasi. Tingkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan
sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti
yang dimilik manusia. Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan,
jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer,
pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini. Dan, pada
masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek oriented programming (OOP).
2) Klasifikasi
perangkat lunak
Perangkat lunak atau software dapat
diklasifikasikan menjadi 4 macam yaitu:
a) Sistem
Operasi (Operating System)
Sistem opersi yaitu program yang berfungsi
untuk mengendalikan sisitem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media
input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain.
Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antar manusia (User) dengan
perangakat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang digunakan.
b) Program
Aplikasi (Application Programs)
Proram aplikasi adalah perangkat lunak
yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata,
pengolah lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.
c) Bahasa
Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang
di gunakan untuk menerjemahkan instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa
pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar di
terima oleh komputer. Ada 2 level bahasa pemrograman, yaitu: Bahasa
tingkat rendah (Low Level Language) dan Bahasa tingkat tinggi (High Level
Language).
d) Program
Bantu (Utility)
Perangkat lunak yang berfungsi sebagai
aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta
merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya memformat
flashdisk, mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan keras (Hardware
Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag) dan lain-lain.
Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
A. Perangkat lunak sistem
1) Bahasa
pemograman.
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang
di gunakan untuk menerjemahkan instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa
pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar di
terima oleh komputer. Ada 2 level bahasa pemrograman, yaitu: Bahasa
tingkat rendah (Low Level Language) dan Bahasa tingkat tinggi (High Level
Language).
2) Sistem
operasi
Sistem opersi yaitu program yang berfungsi
untuk mengendalikan sisitem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media
input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain.
Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antar manusia (User) dengan
perangakat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang digunakan.
3) Utility
Perangkat lunak yang berfungsi sebagai
aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta
merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk,
mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan keras (Hardware
Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag) dan lain-lain.
Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
B.
Perangkat lunak aplikasi
1) Aplikasi
office
Aplikasi office merupakan aplikasi yang
dibuat untuk mempermuda pengguna dalam melakukan pekerjaan, baik dalam
mengelolah kata yang digunakan dalam membuat surat, pengelolahan angka yang
digunakan dalam membuat laporan keuangan, presentasi, dan yang lainnya.
2) Aplikasi
multimedia
Multimedia adalah suatu sarana (media)
yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai bentuk elemen
informasi, seperti teks, graphics, animasi, video interaktif maupun suara
sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau
sekedar memberikan hiburan bagi target audience-nya. Multimedia sering
digunakan dalam dunia hiburan seperti game.
3) Aplikasi
internet
Aplikasi Internet adalah istilah untuk
menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet
tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang
sesuai. Contoh beberapa aplikasi internet meliputi WWW (World Wide
Web), e-mail, file transfer protocol (FTP), png, dll.
Komentar
Posting Komentar